Kamis, 10 Juni 2010

Software Android Merambah e-Reader

WASHINGTON, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, software Android yang dikembangkan Google merambah perangkat e-reader setelah smartphone dan netbook. Software tersebut digunakan pada Nook, perangkat pembaca e-book buatan toko buku terkemuka di AS, Barnes & Noble, yang resmi diluncurkan Selasa (20/10).

Kolaborasi tersebut juga sekaligus menandai kerja sama antara Google dan Barnes & Noble untuk mendistribusikan versi digital buku-buku dari berbagai perpustakaan universitas terkemuka yang telah dipaindai Google. Pemilik Nook bisa mengakses buku-buku digital tersebut yang jumlahnya mencapai ratusan ribu secara cuma-cuma.

Dengan dukungan Android, Nook tidak hanya bisa mengakses e-book namun juga berbagai format file seperti PDF, EPUB, eReader, MP3, PNG, JPG, dan GIF. Jadi, selain membaca buku, pemiliknya bisa sekaligus mendengarkan musik melalui headphone jack atau speaker yang disediakan.

Nook hadir dengan layar sentuh dengan lebar 3,5 inci. Area layarnya dibagi dua bagian, area navigasi yang bisa menampilkan gambra berwarna dan area baca yang hanya bisa menampilkan dengan warna hitam dan putih. Pada area navigasi yang ada di bagian bawah layar, ditampilkan menu yang bisa menyajikan foto sampul buku berwarna. Dengan menu tersebut, pemilik juga dapat melakukan bookmark halaman buku, memberi highlight, atau menambahkan catatan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Untuk menyimpan data, Nook sudah dilengkapi memori internal 2 GB. Untuk menambah, tersedia slot kartu memori SD card. Perangkat ini bisa langsung mengakses internet melalui jaringan seluler 3G maupun WiFi. Baterainya tergolong awet karena diklaim tahan 2-10 jam dengan sekali pengisian tergantung fitur-fitur yang dipakai. Baterainya juga bisa dilepas sehingga bisa diganti seaktu-waktu. Untuk pengidian baterai bisa pula dilakukan dengan kabel USB melalui komputer.

Nook hadir sebagai pesaing baru di bisnis e-reader yang lebih dulu dipelopori Sony dan Amazon.com. Apakah Nook akan bisa bersaing? Tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar