Rabu, 09 Juni 2010

Perkembangan komputer

Perkembangan komputer akan terus terjadi dari tahun – ke tahun karena para ahli akan terus berupaya memperbaharui dan meningkatkan kemampuan komponen – komponen dalam komputer itu sendiri. Hingga pada akhirnya pada saat ini termasuk komputer generasi keempat karena komputer sekarang ini sesuai dengan ciri – ciri komputer generasi keempat yang menggunakan microprocessor yang merupakan pemadatan dari IC (Integeted Cirkuit) yang lebih kecil dan dapat bekerja lebih cepat seperti core 2 duo,dual core dan quad core. Kesemuanya ini berkembang sesuai irama perkembangan dunia teknologi informasi yang terus bergejolak seolah tak ada henti-hentinya untuk mengembangkan daya kreasi dan inofasi. Bukan termasuk generasi ketiga karena ciri – ciri generasi ketiga ini sudah tepenuhi pada generasi keempat sedangkan komputer generasi kelima masih dalam tahap pengembangan yang menginginkan komputer memiliki kemampuan intelegensi buatan sehingga dapat merespon keinginan manusia.
Dilihat dari perkembangan dan sejarahnya dari generasi ke generasi, pada tiap generasi memiliki ciri – ciri sendiri. Pada generasi pertama komputer ukurannya sebesar ruangan dan bahasanya menggunakan bahasa mesin yaitu menggunakan kode biner. Dan menggunakan tabung hampa udara sebagai penguat signal. Dilanjutkan dengan generasi kedua yang ukurannya sebesar lemari pakaian dan menggunakan transistor. Pada generasi ketiga ditandai dengan digunakannya IC – Chip pada komputer. Sedangkan generasi komputer sekarang ini telah menggunakan microprocessor yang merupakan pengembangan dan peningkatan dari IC-Chip. Microprocessor ini juga belum pasti sebagai palopor lahirnya komputer generasi keempat atau masih pada generasi ketiga karena banyak yang beralasan microprocessor hanya merupakan peningkatan kemampuan dan kecepatan dari IC-Chip. Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa generasi komputer sekarang ini telah mencapai generasi kelima, akan tetapi belum terlihat secara nyata ciri khas dari kompoter generasi kelima seperti pada generasi – generasi komputer lainnya sehingga saat ini merupakan generasi komputer keempat dengan pengembangan microprocessornya.
Jadi kesimpulan kami selama kebutuhan user semakin komplek dan banyak maka para ahli di bidang komputer akan terus berinovasi guna memenuhi kebutuhan user itu. Sehingga semakin hari komputer akan terus mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar